Jumat, 17 Oktober 2008

Profil Chrisye

Profil
Chrisye
Chrisye
Chrismansyah Rahadi
Jakarta
1949-09-16
Virgo
Penyanyi
Biografi
* Nama Orangtua: L. Rahadi & Hana.
* Anak ke - dari - : 2 dari 3 bersaudara laki-laki.
* Anak:1 * Pendidikan :
- Lulus SMA tahun 1967
- Teknik Arsitektur Thn.I (drop out)
- APK (Akademi Pariwisata & Perhotelan Trisakti Thn.III (drop out)
* Kategori Musik : Pop
* Fans Klub: www.chrisye-online.com

Biografi

Chrisye adalah seorang penyanyi pop Indonesia . Dan merupakan anak kedua dari 3 bersaudara dari pasangan L.Rahadi dan Hana dan sekarang mempunyai 4 orang anak,Anissa (perempuan) tahun 1983,Risty (perempuan) tahun 1986,Masha (laki-laki) tahun 1989,Pasha (laki-laki) tahun 1989 (Putra ke-3 dan ke-4, kembar)
Karir musiknya sudah dirintis sejak tahun 60-an melalui berbagai lagu hits dan album yang telah dikeluarkan. Bertambahnya umur tidak juga membuat penggemarnya berkurang, bahkan Chrisye m ampu membuktikan bahwa ia merupakan salah satu artis paling populer di Indonesia dan mampu bertahan selama 4 dekade.Sejumlah musisi hebat pernah diajaknya berkolaborasi. Diantaranya Guruh Soekarno Putra, Eros Djarot, James F. Sundah dan masih ada banyak lagi.

Setelah sempat tenggelam tidak menelurkan album baru, bersama Erwin Gutawa, Chrisye coba mengangkat kembali popularitasnya kala mendaur ulang album Badai Pasti Berlalu. Sebuah album soundtrack film Badai Pasti Berlalu yang menjulangkan namanya hingga kini sebagai penyanyi legendaris Indonesia.Kini setelah kurang lebih 25 tahun malang melintang di dunia musik, Chrisye yang telah perputra empat ini, tetap mempunyai vocal yang prima dan kehadirannya tetap dinantikan para penggemar setianya.

Sejarah sepanjang karir

Chrisye mulai bermusik ketika bergabung sebagai bassist dengan band Gipsy, ia lalu menjulang lewat lagu "Lilin-lilin Kecil" di sekitar tahun 1977 setelah bersolo-karir sebagai penyanyi. Beberapa lagunya yang populer adalah "Badai Pasti Berlalu", "Aku Cinta Dia", "Hip Hip Hura", "Nona Lisa", dan "Pergilah Kasih". Tahun 1995 , Chrisye memperoleh BASF Legend Award atas pengabdiannya terhadap musik Indonesia selama ini. Pada tahun 2002, ia meluncurkan album Dekade di mana dia menyanyikan kembali sejumlah lagu lama.

Sejak 31 Juli 2005 , Chrisye harus dirawat di rumah sakit di Singapura karena mengidap kanker paru-paru . Awalnya dalam pemeriksaan di Jakarta , dia disebut terkena infeksi paru-paru, namun ternyata pemeriksaan lebih lanjut di Singapura memberikan hasil bahwa penyakit yang dideritanya adalah kanker. Dari pernikahannya dengan Damayanti Noor, Chrisye memperoleh tiga orang anak. Chrisye meninggal dunia pada 30 Maret 2007 di Jakarta akibat sakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Tidak ada komentar: