Jumat, 17 Oktober 2008

Berita Berau versi Kaltim Post

Jumat, 17 Oktober 2008
Diikuti 143 Peserta dari 10 Daerah
Kejurprov Bulutangkis Se-Kaltim Digelar

TANJUNG REDEB - Kejuaraan Daerah (Kejurda) Bulutangkis se Kalimantan Timur, resmi dibukan Sekprov Kaltim Syaiful Teteng. Kejuaraan diikuti 143 peserta, berasal dari 10 daerah di Kaltim, yakni Nunukan 11 peserta, Bulungan 17 peserta, Tarakan 16 peserta, Kutai Timur 7 peserta, Balikpapan 23 peserta, Samarinda 17 peserta, Penajam Paser Utara (PPU) 7 peserta, Kutai Barat 14 peserta, Paser 11, Bontang 7 peserta dan tuan rumah Berau 20 peserta.

Pemenang kejuaraan itu selanjutnya akan diikutsertakan pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Jakarta 11 November 2008 mendatang.

Pertandingan selama lima hari, di Gedung Cahaya Berlian (CB) Sport Jl Pulau Panjang Tanjung Redeb diawali pertandingan eksebisi atlet nasional Fransisca Ratna Sari berhadapan dengan Afrilia Yuswandari.

Selain Kejurda, juga dilangsungkan Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kaltim 2008, diikuti pengurus PBSI Kaltim dan para pengurus cabang PBSI kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur, yang akan berlangsung 18 – 19 Oktober 2008.

Pembukaan Kejurda itu dihadiri Bupati Berau Makmur HAPK, Wakil Bupati Berau Ahmad Rifai, Sekkab Berau Ibnu Sina Asyari, Ketua DPRD Berau Abdul Rahim serta sejumlah pengurus PBSI Kaltim. Hadir mantan pengurus PBSI pusat Pangdam Subagio maupun sejumlah pengusaha yang menjadi sponsor dalam kejuraan tersebut.

Digelarnya kejurda itu, disambut baik Sekprov Kaltim Syaiful Teteng. Dia berpendapat kejuaraan ini merupakan cikal bakal yang dapat melahirkan sejumlah atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama baik Kaltim pada ajang-ajang bergengsi di tingkat yang lebih tinggi.

Menurutnya, prestasi Kaltim yang meraih urutan tiga besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII Kaltim Juli 2008 lalu, perlu dipertahankan. Salah satunya dengan cara melakukan pembinaan kepada seluruh atlet. Diakuinya, pada sektor olahraga ini prestasi Kaltim masih jauh tertinggal dengan atlet-atlet yang berada di Pulau Jawa, untuk itu dia berharap keseriusan para atlet untuk berlatih lebih ditingkatkan serta mengedepankan pantang menyerah sebelum bertanding. Dia juga berpesan kepada panitia penyelenggara maupun atlet yang akan bertanding untuk menjunjung tinggi sportivitas, begitupula dengan penonton agar menjaga ketertiban selama berlangsungnya pertandingan.

Di kesempatan itu, Syaiful Teteng, menyerahkan piala bergilir Gubernur Kaltim serta penghargaan kepada tokoh bulutangkis Berau Madin, yang dianggap berperan membina atlet-atlet Berau dengan membangun sebuah gedung bulutangkis berstandar nasional yang memiliki 6 lapangan. Syaiful Teteng juga melakukan pemukulan bola perdana, tanda dimulainya Kejurda 2008.

Kamis, 16 Oktober 2008
Pemkab Terima Rp 1.000 per Ton
Sumbangan dari Hasil Penjualan Batu Bara Berau Coal
TANJUNG REDEB- Di ulang tahunnya yang ke-55, Kabupaten Berau mendapat kado ulang tahun dari PT Berau Coal. Perusahaan tambang yang masuk dalam daftar lima besar dunia itu, menyepakati sumbangan pihak ketiga (SP-3) untuk mendongkrak sumber pendapatan asli daerah (PAD) Berau.

Kontribusi SP-3 yang diberikan PT BC tersebut besarnya Rp 1.000 per ton dari hasil penjualan batu bara, baik domestik maupun ekspor, dan terhitung sejak 1 Januari 2008. SP-3 itu disetorkan ke kas daerah melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Berau.

Pemberian kado ulang tahun Berau itu diterima langsung oleh Bupati Berau Makmur HAPK dan Ketua DPRD Berau Abdul Rahim yang diserahkan oleh Presiden Direktur BC, Bob Kamandanu. Penyerahan SP-3 itu juga diawali penandatanganan nota kesepakatan, disaksikan Sekprov Kaltim Syaiful Teteng dan sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat yang hadir di acara rapat paripurna Hari Jadi Kota Tanjung Redeb ke-198 dan Kabupaten Berau ke-55 di gedung DPRD Berau.

Pemberian SP-3 untuk kelangsungan pembangunan Berau itu, disambut baik Sekprov Syaiful Teteng. Dia berpendapat, pemberian SP-3 dari perusahaan pertambangan ini merupakan yang pertama kalinya di Kalimantan Timur.

Dia berharap, pemberian SP-3 itu tidak hanya dilakukan oleh BC, namun perusahaan lainnya yang ikut mengeruk sumber daya alam (SDA) Berau dan Kalimantan Timur umumnya, turut serta berkomitmen untuk memberikan kontribusi ke pemerintah daerah melalui SP-3 tersebut.

Hal senada diungkapkan Bupati Berau Makmur HAPK. Menurut dia, keinginan BC ikut membangun Kabupaten Berau sangat disambut baik oleh masyarakat. Pasalnya, untuk meningkatkan pembangunan di daerah ini yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat, pemerintah daerah sangat kekurangan biaya.

Bupati Makmur juga mengakui, masih banyak warga Berau, khususnya yang tinggal di wilayah pesisir dan pedalaman yang hidupnya susah. Dengan adanya SP-3 ini, Makmur berharap kepada BC agar tetap menjadi pendamping pemerintah daerah dalam melangsungkan program-program yang menyentuh langsung ke masyarakat, terutama pada warga lingkar tambang.

“Ucapan terima kasih mungkin tidak cukup bagi kami (pemerintah daerah. Red.), kontribusi PT Berau Coal ini, sangat berguna untuk masyarakat Berau,” kata Makmur.

Sementara itu, Presiden Direktur BC, Bob Kamandanu mengatakan, pemberian SP-3 ini merupakan wujud dari kepedulian perusahaan atas usaha-usaha pembangunan yang sedang berjalan di daerah ini. Dia juga berterima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat Berau atas dukungan terhadap kelancaran perusahaan, untuk menjaga suatu iklim usaha yang kondusif dan tenang yang memungkinkan perusahaan dapat beroperasi dengan tenang dan lancar.

“Mudah-mudahan kado SP-3 ini menjadi hadiah buat masyarakat Berau di hari ulang tahunnya yang ke-55,” ujar presiden direktur itu. (bm3)

Kamis, 16 Oktober 2008
Berau Punya Terminal Senilai Rp 21 M
Diresmikan Kemarin, Langsung Difungsikan Hari Ini
TANJUNG REDEB- Bertepatan Hari Jadi Kota Tanjung Redeb ke-198 dan Kabupaten Berau ke-55, terminal regional tipe B yang berlokasi di Jalan Marsma Iswahyudi Rinding diresmikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim yang diwakili Sekprov Syaiful Teteng. Terminal yang menghabiskan dana lebih dari Rp 21 miliar melalui APBD dan APBN itu dilengkapi berbagai fasilitas, seperti toilet, kantin, loket tiket, dan ruang tunggu penumpang, serta musala. Terminal ini mampu menampung 30 unit bus antar kota dan provinsi, baik arah Samarinda-Berau maupun Berau-Bulungan.

Peresmian terminal regional itu dihadiri Bupati Berau Makmur HAPK dan Wakil Bupati Berau Ahmad Rifai. Hadir juga Ketua DPRD Abdul Rahim, Sekkab Ibnu Sina Asyari, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Adi Buhari Muslim, dan unsur muspida Berau.

Teteng berharap, terminal tersebut mampu menjadi sarana yang baik untuk mobilitas warga, terutama pelayanan barang dan jasa yang lebih lancar.

Dia juga berharap, terminal yang menelan dana miliaran itu dikelola dengan baik, jangan sampai terminal itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. “Di Kaltim ada terminal yang kosong dari angkutan. Malahan angkutan umum menggunakan jalan-jalan umum untuk mengangkut penumpang,” tandasnya.

Teteng juga mengakui, sejumlah ruas jalan yang ada di Kaltim, terutama lintas trans-Kalimantan masih sangat buruk. Perbaikan jalan trans-Kalimantan itu merupakan proyek pemerintah pusat melalui dana APBN. Supaya perbaikan jalan trans-Kalimantan itu lebih cepat, diperlukan adanya sharing, baik pemerintah provinsi dan kabupaten maupun seluruh pengusaha yang menikmati jalan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Adi Buhari Muslim menuturkan, keberadaan terminal pada suatu daerah yang sudah terbuka sistem transportasinya mutlak dilakukan. Hal ini sesuai dengan Kepmen Perhubungan No. 31 Tahun 1995 bahwa fungsi terminal penumpang adalah prasarana transportasi jalan untuk menurunkan dan menaikkan penumpang serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum.

Di sisi lain, keberadaan terminal juga berfungsi sebagai pengendalian sistem, baik perizinan, sistem manajemen dan rekayasa lalulintas. Dia juga menuturkan, dengan difungsikannya terminal regional tipe B di Kota Tanjung Redeb ini, maka untuk wilayah utara Kaltim sudah ada 2 terminal, yaitu, Bulungan dan Berau.

Sedangkan Kasubdin Perhubungan Darat Dishub Berau, Fahmi Rijani mengatakan, terminal itu akan langsung difungsikan hari ini. Pihaknya juga sudah menyurati perusahaan autobus untuk melayani penumpang di terminal itu. (bm3)



Tidak ada komentar: