Jumat, 17 Oktober 2008

Berita Berau versi Samarinda Post

Jumat, 17 Oktober 2008
KPUD Berau Optimis Tepat Waktu
Realisasikan Pendistribusian Logistik Pilgub

TANJUNG REDEB. Mendekati hari H pelaksanaan Pilgub tahap II, 23 oktober mendatang. Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Berau optimis dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang tersisa baik kesiapan anggota di bidang masing-masing maupun pendistribusian logistik ke daerah-daerah sasaran.

Pernyataan tersebut diungkapkan salah satu anggota KPUD Berau, Abdul Hakim Bamahfudh, SE M Si saat ditemui media ini di kantornya Jl Apt Pranoto Senin (13/10) kemarin.

Menurutnya dengan sisa waktu kurang dari 2 minggu pihaknya yakin mampu mendistribusikan logistik ke tiap TPS yang ada. "Kendati geografis Berau yang luas namun seperti pengalaman Pilgub pertama lalu, kita dapat menyelesaikan semua tepat waktu dengan maksimalkan semua komponen guna kelancaran Pilgub kedua ini," ungkapnya.

Saat ini logistik yang siap pakai sudah ada seperti bilik suara karena memang telah disimpan dimasing masing TPS juga dipersiapkan untuk digunakan kembali pada putaran 2.

Begitupun kertas suara pemilih telah berada di kantor KPUD siap untuk di distribusikan. Dari penyortiran dan pelipatan surat suara saat ini yang siap pakai berjumlah 114.953 buah. Namun jumlah tersebut diakuinya masih kurang sebanyak 889 surat suara dari yang di butuhkan. "Namun kekurangan tersebut telah dilaporkan kepada KPU Provinsi melalui surat pernyataan kekurangan surat suara dengan laporan lengkap mulai jumlah pemilih hingga kekurangan dan surat suara rusak setelah pelipatan,"jelasnya.

Adapun jumlah pemilih Kabupaten Berau pada putaran 2 mengalami peningkatan dari Pilgub pertama. Pada putaran pertama jumlah pemilih sebanyak 104.996 pemilih namun pada putaran ke-2 menjadi 112.431 pemilih. DPT sendiri ditetapkan pada tanggal 9 Oktober lalu. "Penambahan ini dari pemilih yang tak terakomodir pada Pilgub lalu, namun jumlah DPT sudah valid dan tidak dapat diubah lagi kendati masih ada yang belum masuk. Kami juga sudah semaksimal mungkin melakukan pendataan jumlah pemilih," ujarnya lagi.

Dari hasil laporan terakhir di KPUD Berau jumlah pemilih sebanyak 112.431. terdapat tambahan 2.811, tambahan TPS khusus 600, kertas yang di butuhkan 115.841 sementara surat suara setelah pelipatan 114.953 juga terdapat kertas suara russak sebanyak 11 buah. Kerusakan tersebut menurut penjelasan Bamahfudh merupakan kerusakan dari pabrik dan bukan kerusakan akibat kelalaian dalam perjalanan. Pendistribusian kertas suara akan dilakukan pada H - 7 bersamaan dengan distribusi kotak suara. Menjaga keamanan selama pendistribusian nanti akan dilakukan pengawalan oleh aparat dari kepolisian. "Kita akan fokus dulu kepada daerah yang jauh sambil menunggu sisa kekurangan surat suara. Baru kita akan kita lakukan di wilayah terdekat," tukasnya lagi. (sep)

Rabu, 15 Oktober 2008
30 Calhaj Masuk Kategori Resti
Masuk Asrama Haji 14 November

TANJUNG REDEB. 117 calon jamaah haji (calhaj) Berau dijadwalkan akan memasuki asrama haji Batakan, Balikpapan, pada Jumat 14 November 2008 mendatang. Sementara keberangkatannya dari Embarkasi Sepinggan menuju Jeddah terjadawal pada Sabtu (15/11).

Kabupaten Berau masuk dalam kelompok terbang (kloter) delapan bersama-sama calhaj asal kota Samarinda yang berjumlah 73 calhaj dan Panajam Paser Utara (PPU) berjumlah 79 orang.

Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Berau, Busransyah mengatakan, berdasarkan kesepakatan dalam rapat pertemuan kantor wilayah departemen agama (Kawil depag) Samarinda, telah ditetapkan jemaah haji asal Berau harus memasuki Asrama haji batakan Balikpapan pada Jumat (14/11) pukul 13.00 wita, sedangkan bertolak menuju bandara King Abdul Azis Jedah, pada besok harinya (15/11) pukul 11.30 wita. Karena itu dipastikan sudah masuk asrama haji Batakan, pada Kamis (13/11) mendatang. "Jemaah haji asal Berau ini diberangkatkan satu keloter dengan jemaah haji asal PPU dan Samarinda yang tergabung dalam keloter delapan gelombang pertama," ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk mensiasati waktu yang terbilang sempit itu, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengadakan pertemuan dengan sejumlah petugas yang mebawa rombongam haji. Pasalnya, jadwal keberangkatan penerbangan di daerah ini sulit diprediksi, untuk bisa menyesuaikan dengan jadwal masuknya calhaj ke asrama haji Batakan yang telah ditetapkan yakni pukul 13.00 wita. Bila dihitung dengan jadwal keberangkatan penerbangan di Berau, waktu tersebut akan sulit tercapai, sebab pesawat yang digunakan untuk mengangkut calhaj itu menyesuaikan dengan penerbangan regular, yakni pukul 12.45. "tidak menutup kemungkinan calhaj itu diberangkatkan pada hari Kamis (13/10), namun kami akan membahas selanjutnya untuk persiapan itu,"katanya.

Disinggung soal kesiapan calhaj, Busransyah menuturkan, dalam yang akan direncanakan itu juga, akan membahas kesiapan sejumlah petugas haji, termasuk pemantapan ketua-ketua rombongan dan petugas kesehatan. Sejauh ini pihaknya juga telah menggelar manasik haji missal, dan juga akan dilaksanakan manasik haji klasik yang dilakukan disetiap kelompok, dan telah membagikan tas atau koper yang merupakan hak calhaj. Terpisah, soal jumlah calhaj yang memiliki resiko tinggi (resti), Kasran, selaku Kasi Kesehatan Haji mengatakan, calhaj yang memiliki Resti rata-rata berusia diatas 60 tahun.

Dari 117 calhaj yang akan menuju tanah suci, lebir kurang 30 orang yang berusia diatas 60 tahun. "Saya berharap calhaj Resti itu, bisa menjaga kesehatannya agar ibadahnya di tanah suci tidak terganggu, dan sehat hingga balik ketanah air,"pintanya. (bm3/kpnn)

Tidak ada komentar: